Home/Uncategorized/Cara Ampuh Menghemat Biaya Opersanional Restoran

Cara Ampuh Menghemat Biaya Opersanional Restoran

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text admin_label=”Cara Ampuh Menghemat Biaya Opersanional Restoran” _builder_version=”3.0.105″ background_layout=”light” custom_margin=”|-118px||-15px”]

Cara Ampuh Menghemat Biaya Operasional Restoran

Cara Ini Mampu Hemat Biaya Operasional Restoran

Setiap usaha pasti berpatokan pada target keuntungan yang diraih, kali ini kami akan memberikan tips cara ampuh menghemat biaya operasional restoran. Keuntungan merupakan tolak ukur dari beragam kebijakan yang akan diambil, khususnya untuk restoran. Antara laba dan pengeluaran ini bagai sebuah strategi sepakbola, ada berbagai pilihan taktik demi mencetak goal. Kalau di restoran, ada taktik menekan biaya operasional seefisien mungkin. Dan faktanya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengefisienkan biaya operasional restoran Anda.

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah melihat secara rasional sumber daya manusia di restoran. Cek dan evaluasi kembali jumlah karyawan dan peta kekuatan tim restoran anda. Jumlah karyawan yang banyak tidak selalu baik untuk operasional. Bisa jadi saking berlebihnya jumlah karyawan, membuat kemampuan karyawan tidak berkembang. Sebaliknya dengan tim yang efisien dan pelatihan dan pembimbingan yang tepat, akan membuat karyawan mampu berkembang. Ini tidak hanya menghemat biaya gaji namun juga mampu mencetak karyawan-karyawan yang memiliki kemampuan mumpuni. Cermat mengkalkulasi standar kualitas dan biaya jumlah karyawan di restoran adalah kunci.

Selanjutnya yang bisa diambil yakni mengontrol penggunaan telepon. Ada banyak cara untuk menghemat penggunaan telepon agar tagihan tidak besar. Saat ini, sudah ada sistem telepon menggunakan password. Berikan akses pada orang-orang tertentu saja yang bisa melakukan panggilan keluar. Disamping itu, cek secara rinci penggunaan telepon lewat print out tagihan telepon restoran.

Sejalan dengan penggunaan telepon, kontrol pula penggunaan air dan listrik. Percayakan pada orang tertentu untuk mengontrol air dan listrik. Ada baiknya, orang tersebut yang memang memiliki intensitas lebih banyak terhadap penggunaan listrik dan air. Untuk listrik, bisa dipercayakan kepada penjaga keamanan restoran untuk menyalakan dan memadamkan lampu dan peralatan elektrik di restoran. Sedangkan untuk air, supervisor adalah orang tepat untuk dipercaya terhadap pengawasan penggunaan air, semisal kran air pencucian gelas yang kadang luput dari perhatian bagian pencuci piring.

Selain itu, mengontrol penggunaan bahan baku produksi juga menjadi langkah tepat untuk efisiensi. Bagian berkaitan erat dengan kinerja tim dapur. Hal-hal yang terlihat sepele, seperti bagaimana cara mereka memotong dan mengupas bahan baku, berapa banyak bagian dari sebuah bahan baku yang terbuang patut menjadi perhatian. Usahakan latih kemampuan tim dapur untuk memanfaatkan bahan baku seefektif mungkin sehingga tidak banyak bahan baku terbuang.

Kemudian langkah lainnya adalah proyeksikan secara cermat kuantitas produksi dan tingkat keramaian pengunjung. Anda harus jeli perkirakan menu yang akan dimasak untuk menjadi stok menu siap jual agar tercapai target penjualan dan tidak banyak stok yang dibuang.

Hal yang perlu dikontrol lagi adalah penggunaan pembungkus. Pembungkus seperti kantong plastik, kotak nasi, kotak styrofoam dan lainnya harus dikontrol penggunaanya dengan baik untuk menghindari penggunaan yang berlebihan atau tidak semestinya. Yang terakhir bisa dilakukan adalah memaksimalkan perawatan dan pemeliharaan. Dengan melakukan perawatan atau pemeliharaan aset dan peralatan restoran, maka tingkat kerusakan akan dapat ditekan serendah mungkin. Dengan demikian, Anda dapat menghemat pengeluaran untuk membeli peralatan baru.

Penghematan biaya operasional adalah salah satu taktik jitu mencetak laba lebih besar. Semoga cara-cara ini bermanfaat dan menjadikan usaha restoran Anda semakin maju.

 

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

admin

admin

About Me

MFK Foodservice Equipment didirikan pada tahun 1992. Pada tahun 1999 MFK dinaungi oleh sebuah perusahaan yang bernama Bumi Group

Recent Posts

Follow Us

Weekly Tutorial

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Go to Top