Di 2018 ini meminum kopi  sudah menjadi gaya hidup, seiring nya pergeseran nilai kopi ini, tren kopi di 2018 menjadi kian dinamis. Bila melihat apa yang ada saat ini, kopi sudah bukan lagi menyoal mana pencinta kopi dan hanya coffee snob. Dikotomi itu sudah tidak berlaku lagi di bisnis kopi saat ini. Nyatanya, orang-orang yang datang ke coffeeshop saat ini sudah sangat familiar dengan kopi-kopi Indonesia. Entah mereka meminum dengan mencampur gula atau murni kopi, yang patut diapresiasi adalah memasuki 2018, tren minum kopi di Indonesia semakin meningkat.

Data dari International Coffee Organization (ICO) mencatat, pertumbuhan rata-rata konsumsi kopi di Indonesia lebih besar daripada dunia pada umumnya. Semakin menjamurnya bisnis coffeeshop dan makin banyaknya biji kopi berkualitas dijual bebas, minum kopi bukan lagi sebuah monopoli kaum tua. Generasi milenial kini pun sudah sangat akrab dengan kopi.

Tren peningkatan konsumsi kopi ini juga tercermin di kanal jual beli online. Berdasarkan data salah satu e-commerce jual beli barang, penjualan kopi di platform marketplace-nya meningkat hampir tiga kali lipat. Dari yang sebelumnya sekitar 40 ribu produk pada 2016 menjadi hampir 120 ribu produk selama 2017. Dilansir dari situs viva.co.id, Berdasarkan data penjualan Tokopedia, kopi dari jenis biji kopi Arabika dan Robusta masih menjadi varian yang paling diminati oleh masyarakat selama tahun 2017. Tidak hanya itu, banyak penikmat kopi yang mulai tertarik untuk meracik kopi sendiri ala kafe.

Hal itu patut disyukuri dan tinggal Anda cermat melihat trend yang berkembang saat ini. 2018, tren kopi kian dinamis. Jika ingin mengakomodir generasi milenial yang sangat haus akan hal-hal yang baru, maka hanya berkutat dengan mengandalkan manual brew dan klaim terbaik biji kopi Indonesia akan membuat coffeeshop ditinggalkan. Saat ini banyak penikmat kopi yang sudah mahir dalam mengolah kopi sendiri.

Di akhir 2017, kemunculan minuman es kopi begitu fenomenal. Hal itu berlanjut hingga saat ini. Di mana tren es kopi masih cukup tinggi. Pasarnya sudah barang tentu adalah para milenial. Mereka rela antri demi mendapat segelas es kopi susu. Trend es kopi susu pun menjangkit ke banyak coffeeshop di Indonesia. Tiba-tiba saja bermunculan nama coffeeshop baru yang dikenal karena es kopi susunya. Saking fenomenalnya, es kopi susu adalah yang pertama mereka tanya ke barista coffeeshop.

Memasuki 2018, tren kopi masih sangat dinamis, tren es kopi bisa dijadikan patokan awal bahwa pasar memang membutuhkan hal yang baru. Menciptakan kreasi baru dengan tetap mengandalkan biji kopi Indonesia yang semakin merakyat adalah pilihan tepat. Namun, tidak boleh luput pula dengan pengolahan kopi yang tetap terjaga kualitasnya walau kuantitas semakin meningkat.

Perangkat adalah unsur penting yang harus diperhatikan, oleh karena itu Anda juga harus cermat dalam mengikuti tren perangkat kopi saat ini. Nah, urusan perangkat kopi, PT. Multi Flashindo Kharisma adalah salah satu pilihan tepat untuk bertanya dan berkonsultasi. Untuk itu, silahkan datang dan menghubungi tim MFK di nomer kontak 021-6268758 (JKT) 031-8471 474 (SBY) atau marketing.dept@mfk.co.id.

Share This
%d bloggers like this: