Membangun toko pastry membutuhkan persiapan yang maksimal. Anda perlu menyiapkan rencana bisnis yang matang dalam jangka panjang, juga rancangan yang menarik sehingga pelanggan tertarik pada toko Anda. Apalagi, kini persaingan dalam bisnis ini cukup ketat, karena itu kami ingin berbagi tips membangun toko pastry sendiri.

Jadi, apa saja yang harus kita pertimbangkan dalam membangun toko pastry? Yuk, kita simak.

Jenis Usaha

Walaupun Anda tahu bahwa sajian yang Anda buat sangat enak, modal dan kapasitas berbisnis harus Anda pertimbangkan. Memulai dari bawah seperti lewat media sosial bisa jadi permulaan yang tepat. Anda juga bisa berjualan di stand. Jika Anda siap, Anda juga bisa membuka toko pastry fisik di dalam mall atau di lokasi tertentu. Masing-masing butuh persiapan berbeda.

Rencana Bisnis

Rencana bisnis yang baik dipersiapkan untuk jangka panjang. Di dalamnya ada target baik jangka pendek, menengah, maupun panjang hingga mencapai balik modal juga keuntungannya. Anda memperkirakan pengeluaran, mengidentifikasi target pasar, juga memperhatikan kompetitor Anda lewat rencana bisnis yang matang. Modal awal usaha pastinya jadi prioritas Anda dalam rencana bisnis ini.

Menentukan Lokasi

Jika siap membuka toko fisik dan rencana bisnis sudah dipersiapkan, pertimbangan utama pastilah lokasi. Tidak apa-apa mengeluarkan modal lebih asalkan lokasi Anda bagus dan mendatangkan pelanggan.

Memberi Harga pada Produk Anda

Harga makanan yang Anda lihat di berbagai pastry shop sudah mencakup keuntungan dari segala servis yang juga Anda dapatkan. Jadi, jangan lupa menghitung berbagai komponen dengan seksama seperti waktu, biaya karyawan, dan pemeliharaan tempat.

Memastikan Produk Anda Jadi yang Terbaik

Pastikan Anda memiliki menu signature yang terbaik di antara berbagai toko pastry. Selebihnya, mengikuti tren pastry kekinian bisa jadi langkah Anda selanjutnya. Perhatikan juga apa yang dilakukan oleh kompetitor dan pastikan produk Anda lebih enak rasanya.

Memasarkan Produk

Hal ini sangat krusial karena sesungguhnya cita rasa pastry yang menonjol tidak berguna banyak apabila tidak ada yang mencicipinya. Memanfaatkan media sosial bisa jadi langkah pertama. Anda juga bisa memanfaatkan jasa influencer atau buzzer. Pastikan Anda memiliki bujet untuk langkah ini.

Memastikan Kepuasan Konsumen

Soal toko pastry, konsumen tidak hanya dipuaskan oleh lidah dan perutnya. Pelayanan yang maksimal juga menjadi apa yang mereka cari. Jadi, pastikan Anda melatih karyawan dengan baik untuk hal ini.

Itulah hal-hal yang wajib Anda perhatikan dalam membuka toko pastry Anda sendiri. Pastikan toko pastry Anda memiliki equipment yang terbaik juga. Soal itu, Anda bisa menghubungi Multi Flashindo Karisma di nomor telepon 021-6268758 (Jakarta) atau 031-8471460 (Surabaya). Anda juga bisa melayangkan surel ke marketing.dept@mfk.co.id. Kami selalu siap membantu Anda. Selamat menyiapkan toko pastry sendiri!

Share This