Membuat homemade buttermilk bread tidak akan semudah ini jika Anda tidak mengenal blender Blendtec! Blender serbaguna tersebut tidak hanya bisa Anda pakai untuk membuat smoothies atau sup. Ia juga bisa digunakan untuk membuat berbagai adonan termasuk adonan roti yang satu ini.

Resep homemade buttermilk bread ini menggunakan setengah bagian tepung terigu dan setengah bagian tepung gandum sehingga roti lebih ringan hasilnya. Buttermilk di dalam adonan membuat rasa roti menjadi lebih kaya dengan aroma yang lebih tajam.

Bahan-Bahan

300 ml buttermilk, hangatkan

1 sendok makan active dry yeast

2 sendok makan madu

190 gram tepung terigu

190 gram tepung gandum putih (whole wheat flour)

1 sendok teh garam

1 sendok makan air jeruk lemon

2 sendok makan mentega

1 butir telur ukuran besar

14 sendok teh soda kue

Cara Membuat

Nyalakan oven dengan suhu 180 derajat Celsius.

Masukkan buttermilk hangat, ragi, dan madu ke dalam WildSide+ jar dan tutup lidnya. Tekan mode Pulse 2 kali. Biarkan adonan selama 5-10 menit.

Tambahkan garam, air jeruk lemon, mentega, telur, dan baking soda ke dalam jar. Tutup lid dan tekan “Pulse” 2 kali.

Campur kedua jenis tepung. Kemudian, aduk sepertiga bagian campuran tepung ke dalam jar.Tutup lid dan tekan “Pulse” sebanyak 2 kali. Tambahkan sepertiga bagian tepung lagi, tutup lid, dan tekan “Pulse” sebanyak 4-6 kali. Tambahkan sepertiga bagian akhir dari tepung, tutup lid, dan tekan “Pulse” sebanyak 8-10 kali atau hingga seluruh bagian tepung tercampur membentuk bola adonan yang kalis.

Biarkan adonan selama 10-15 menit di dalam jar. Letakkan bola adonan di atas permukaan berminyak dan bentuk menjadi loaf. Masukkan ke dalam loyang loaf 22,5×12,5 cm yang sudah dilapisi minyak dengan bagian licin menghadap ke atas. Tutup loyang loaf dan biarkan adonan mengembang selama 20 menit di tempat hangat atau hingga adonan mengembang hingga 2 cm dari loyang.

Panggang adonan selama 22-25 menit atau hingga matang kecokelatan. Keluarkan roti dari loyang. Biarkan dingin di rak kue sebelum mengirisnya.

Mudah sekali, bukan, membuat homemade buttermilk bread menggunakan blender Blendtec? Dengan alat ini, Anda tidak perlu menggunakan banyak wadah di dapur Anda.

Jika ingin memiliki blender Blendtec ini, Anda bisa menghubungi Multi Flashindo Karisma di (MFK) di 021-6268758 (JKT) 031-8471 474 (SBY) or marketing.dept@mfk.co.id. Yuk, ramaikan restoran Anda dengan produk berkualitas dari kami!

DV

 

 

 

 

 

Share This