Apakah harga menu yang dijual di restoran Anda sudah tepat? Ya, salah satu kunci menentukan harga menu yang dijual dengan menghitung food cost. Menentukan harga makanan bukan hanya dilihat dari daya beli target market restoran anda, tapi ada perhitungan matang didalamnya. Inilah yang akan membuat perputaran laba dan pengeluaran di restoran akan seimbang. Food Cost adalah patokan Anda dalam menentukan harga-harga menu restoran.

Tujuan penghitungan food cost ini  selain membantu Anda dalam menentukan harga jual makanan dan minuman di restoran Anda. Agar Anda juga dapat mengetahui tingkat penjualan (food sales) pada setiap outlet atau cabang restoran Anda.

Sebenarnya akan lebih baik bila Anda memiliki chef dan chief cook yang mumpuni dalam hal food cost. Karena biasanya merekalah yang tahu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah menu. Secara umum, definisi food cost sendiri yakni seluruh biaya (cost) yang dikeluarkan untuk dapat menghasilkan suatu menu makanan dan minuman dengan standart resep tertentu dari mulai bahan, pengolahan, hingga menjadi menu makanan dan minuman siap jual per satu porsi.

Untuk menghitungnya ada rumus yang bisa menjadi acuan. Rumus tersebut berupa nilai besaran food cost dihitung dalam bentuk persen (%= per-seratus). Setiap restoran bisa saja berbeda karena dalam menentukan besaran nilai food cost tergantung dari pihak restoran itu sendiri. Namun standart cost restoran kisaran 35-45%. Teorinya adalah semakin kecil besaran atau persentase food cost yang Anda terapkan, semakin besar pula keuntungan yang diharapkan.

Lalu, bagaimana caranya menghitung food cost?

Ambil contoh cara perhitungan untuk menentukan harga jual Nasi Goreng menggunakan food cost 40% sebagai berikut :

No Nama Bahan Jumlah Harga
1 Ayam 350 gr Rp. 6000
2 Nasi 1500 gr Rp. 1500
3 Sambal 10 sdk Rp. 500
4 Saos Tomat 10 sdk Rp. 700
5 Garam 5 sdk Rp. 300
6 Merica 1 sdk Rp. 400
7 Bawang Putih 4 grm Rp. 1100
8 Bawang Merah 4 grm Rp. 1500
9 Cabe Merah 3 gr Rp. 2000
Jumlah Harga Pokok Rp 14.000

 

Harga jual = Rp.14.000,- x 100  = Rp.1.400.000,-  = Rp. 35.000,- / Porsi.

40                         40

Dari perhitungan tersebut, maka Rp 35.000 adalah harga jual minimal untuk seporsi Nasi Goreng Spesial Anda. Sebenarnya menghitung food cost mudah-mudah sulit, semua tergantung dari ketelitian dan update terhadap pergerakan harga bahan baku yang beredar di pasaran. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(DW)

Share This