Kopi telah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan saat ini. Menikmati secangkir kopi sembari bersantai bersama teman maupun rekan kerja di coffeeshop menjadi rutinitas yang kian umum. Tua atau muda, pria atau wanita, menggemari minuman berwarna hitam pekat itu. Tren penikmat kopi yang semakin meluas ini menjadi ladang bisnis basah sehingga bisnis coffee shop pun mewabah di mana-mana.

Melihat perkembangannya kini, bisa jadi coffeeshop bukan lagi sebuah trend musiman. Tapi memang menjadi budaya baru bagi kaum urban perkotaan sehingga bisnis ini akan terus menjanjikan. Ada beberapa alasan mengapa bisnis coffeeshop itu menguntungkan.

Hal pertama yang menjadikan bisnis coffeeshop itu menguntungkan adalah trend perkembangan konsumennya yang stabil. Data yang dihimpun lokadata dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Badan Pusat Statistik menunjukkan rata-rata konsumsi kopi per kapita penduduk Indonesia cenderung stabil. Berkisar antara 1,25 kilogram per tahun per penduduk. Sejak 2002 hingga 2014, tak ada fluktuasi turun atau naik yang signifikan.

Salah satu penyebab perkembangan konsumennya yang stabil ini salah satunya semakin banyaknya konsumen memilih minum kopi di coffeeshop bukan lagi di rumah. Bahkan budaya kopi saat ini juga banyak melahirkan konsumen-konsumen kopi yang memiliki karakter unik. Bahkan generasi baru saat ini jarang mengonsumsi kopi sachet, karena mereka bisa mengenal kopi langsung dari para barista di coffeeshop.

Selain perkembangan konsumennya yang stabil, penyebab kedua adalah margin profitnya yang tinggi. Bisnis coffeeshop memang merupakan bisnis yang terhitung mudah dijalankan saat ini. Apalagi saat ini variasi kopi semakin beragam. Modal yang tidak terlalu besar namun potensi konsumen yang tidak pernah habis membuat bisnis coffeeshop menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Ditunjang lagi dengan pola konsumen yang berani merogoh kocek cukup dalam demi minum kopi di coffeeshop.

Besarnya keuntungan juga tergantung dari konsep coffeeshop seperti apa yang diusung. Jika melihat perkembangan yang ada saat ini, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mendirikan warung kopi kategori besar. Warung kopi yang demikian tentu bukan hanya sebagai tempat yang asyik untuk minum, tetapi juga nyaman mengadakan event mingguan para masyarakat. Jadi tidak hanya sebagai tempat bersantai sembari menikmati kopi, tapi juga tempat berkumpul untuk mengadakan acara-acara besar.

Alasan yang ketiga mengapa bisnis coffeeshop menguntungkan adalah semakin luasnya jaringan belanja jenis-jenis kopi dan perangkat kopi di Indonesia. Kini dengan semakin banyaknya jenis-jenis kopi di Indonesia yang dijual oleh brand-brand lokal baik itu yang terkenal maupun yang produksi kecil, membuat banyak pilihan untuk variasi-variasi kopi yang akan diberikan ke konsumen. Hal ini juga menunjang coffeeshop Anda untuk berkreasi dan berinovasi untuk menghasilkan produk kopi yang ikonik.

Ditunjang dengan sistem promosi dan pemasaran yang kini kian banyak pilihannya, membuat potensi coffeeshop dan produk ikonik Anda untuk dikenal pun semakin besar. Itulah mengapa bisnis coffeeshop ini hingga kini masih sangat menguntungkan. Daya tariknya terlihat dengan kian hari kian banyak coffeeshop yang muncul dan langsung dikenal masyarakat luas.

Share This